Warna Makanan untuk Mood

Tuesday, January 26, 2016

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, warna-warna makanan juga dapat membantu menciptakan emosi (mood).
Merah
Ketika sedang merasa lelah dan kurang semangat, cobalah mengonsumsi bahan pangan dari kelompok warna merah yang kaya energi. Sebaliknya, hindari bahan pangan kelompok merah jika emosi negatif sedang tinggi atau sedang ingin relaks. Contoh bahan pangan kelompok merah adalah : strawberry, tomat, paprika merah dan bit.
Jingga
Ketika sedang kekurangan energi, tertekan, bimbang atau menemui hambatan, konsumsilah bahan pangan dari kelompok warna kuning-jingga yang menimbulkan aura sukacita.
Contoh bahan pangan kelompok kuning – jingga adalah : nanas, timun suri, blewah,paprika kuning dan singkong mentega.
Hijau
Ketika sedang cemas, gelisah, dan khawatir, tenangkan diri dengan mengonsumsi bahan pangan berwarna hijau. Contoh bahan pangan kelompok hijau adalah : apel hijau, kiwi, avokad, bayam, brokoli dan selada.
Ungu
Ketika sedang membutuhkan motivasi dan ingin mewujudkan suatu keinginan, pilihlah bahan pangan berwarna ungu karena warna ini dapat membakar semangat.
Contoh bahan pangan kelompok warna Ungu adalah : anggur, aneka jenis berry, terong ungu, bawang merah, dan kol ungu.
Salam.