Flexitarian

Tuesday, January 26, 2016

Mengurangi konsumsi daging memberikan banyak manfaat. Tak hanya menjaga kantong agar tetap tebal, kesehatan tubuh juga lebih terjaga. Anda tak harus menjadivegetarian; memilih menjadi flexitarian pun bisa.
Istilah flexitarian merujuk pada seseorang yang lebih banyak mengonsumsi sayuran dan kadang-kadang mengonsumsi daging, unggas, dan ikan.
Hidup lebih sehat
Diet dengan hanya mengonsumsi sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan yang kaya serat dan vitamin dijalankan vegetarian. Dengan pola makan ini, mereka makan lebih sedikit kalori dan lemak.
Alhasil, mereka juga memiliki tubuh yang lebih ideal dan tingkat kolesterol rendah dalam tubuhnya.
Mengurangi makan daging adalah bentuk proteksi diri dari berbagai penyakit. Institut Kanker Nasional di Amerika menunjukkan hasil studi bahwa dari 500.000 orang yang makan 114 gram atau lebih daging merah per hari, 30 persennya berisiko kematian karena berbagai sebab dalam 10 tahun.
Sedangkan risiko kematian lebih kecil pada orang yang sering mengonsumsi unggas atau ikan.
Kenali kebutuhan protein Anda
Orang dewasa membutuhkan 10-35 persen protein dari kebutuhan total kalori perhari. Jika kebutuhan kalori per hari adalah 2000, maka kebutuhan protein per hari bagi orang dewasa adalah 50-175 gram.
Nah, protein ini juga tak harus Anda dapatkan dari daging. Berikut alternatif asupan protein untuk memenuhi kebutuhan per harinya:
* Telur
Anda bisa mengonsumsi 6 gr telur berukuran besar untuk mendapatkan asupan protein.
* Susu
Minumlah segelas susu untuk mendapatkan 8 gr protein darinya.
* Keju
Satu gram keju memberikan asupan protein yang lebih menyehatkan daripada daging.
* Tahu
Protein nabati dari tahu bisa menyehatkan tubuh dan dompet Anda.
Makan tanpa daging seminggu sekali
Cobalah untuk memulai diet sehat dengan tidak mengonsumsi daging seminggu sekali. Pastikan hidangan di meja makan bebas dari daging.
Jangan khawatir mengenai asupan protein, Anda bisa menggantinya dengan pilihan resep berikut:
* Tambahkan kacang-kacangan dalam salad.
* Tambahkan tahu pada hidangan Anda.
Batasi daging dalam piring Anda
Porsi protein dalam satu sajian piring makan tak boleh lebih dari 85 gr. Upayakan piring Anda lebih banyak diisi sayuran dan buah-buahan.
Menjadi flexitarian
Jika belum bisa menjadi vegetarian, tantang diri Anda menjadi flexitarian yang mengadopsi diet mediteranian.
Membatasi diri mengonsumsi daging merah dan lebih memilih buah, sayur, dan kacang-kacangan, akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan berbagai kondisi kronis lainnya.
Jadi, bersiaplah belajar menjadi orang yang lebih fleksibel dan mendapatkan manfaat berupa kesehatan optimal darinya.
Salam.