Arti Ucapan Dokter

Tuesday, January 26, 2016

Dokter sepertinya punya sesuatu yang mereka sembunyikan dari Anda. Dengan mempelajari bahasa yang dipakai para dokter Anda akan bisa sembuh lebih cepat. Institute of Medicine melakukan sebuah studi dan menemukan bahwa 90 juta orang Amerika tidak mengerti apa yang diucapkan oleh dokter mereka.
Berikut ini, menurut Mehmet Oz, MD, profesor dan wakil kepala bagian bedah di New York-Presbyterian di Columbia University dan Penulis buku You: Staying Young, juga kerap muncul di acara ” The Oprah Winfrie Show ”Tips mudah menerjemahkan ucapan/nasihat dokter:
1. “Bila Tidak Sembuh Dalam Waktu 1 Minggu, Temui Saya Lagi Ya.”
Artinya : “Saya memberi Anda obat X. Ada kemungkinan ini bisa berhasil, ada kemungkinan tidak.”
Tanggapan Anda : “Apakah skenario terburuk untuk kasus ini?” Bila dokter itu benar-benar ingin bertemu Anda minggu depan, berarti dia sedang menimbang-nimbang penyakit yang Anda derita. Karena waktu seminggu sudah cukup bagi seorang dokter untuk mencoba memberikan pengobatan yang baru. Setiap pengobatan memiliki reaksi yang berbeda pada setiap orang.
2. “Anda mungkin harus mempertimbangkan mengikuti tes untuk mengetahui tingkat stres Anda.”
Artinya : “Tingkat stres Anda tinggi sekali.”
Tanggapan Anda : “Apakah tes ini harus dilakukan secara rutin, atau apakah Anda khawatir akan terjadi sesuatu pada saya?” Uji tingkat stres adalah sebuah tes yang memiliki tingkatan. Hasil dari tes ini memberi jawaban atas pertanyaan : “Seberapa jauh Anda bisa menerima tekanan dan apakah Anda sudah seperti bom waktu yang siap meledak?”
3. “Sebaiknya Anda menurunkan sedikit berat badan Anda.”
Artinya : “Kalau Anda tidak segera mengurangi makan, Anda akan terkena diabetes.”
Tanggapan Anda : “Apakah tekanan darah saya tinggi, punya gejala diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi?” Untuk semua masalah tersebut di atas, pemecahan awalnya adalah penurunan berat badan. Jangan tunggu sampai dokter Anda menyuruh Anda menurunkan berat badan. Ukur lingkar pinggang Anda sendiri, ukur mulai dari pusar mengelilingi perut. Bila angka yang ditunjukan lebih dari setengah dari tinggi badan Anda, Anda sudah kelebihan berat badan.
4. “Kita punya beberapa pilihan.”
Artinya : “Pilihan-pilihan yang kita miliki tidak begitu baik.”
Tanggapan Anda : “Apakah keburukan atau masalah dari tiap-tiap pilihan itu?” Bila dokter memiliki jalan keluar yang dianggapnya paling baik, dia tidak akan menawarkan pilihan lain.
5. “Saya ingin melakukan beberapa pengujian terlebih dahulu.”
Artinya : “Saya sedang mengulur waktu karena sebenarnya saya tidak tahu apa yang terjadi pada diri Anda.”
Tanggapan Anda :“Diagnosa apa yang Anda cari dalam tes-tes ini?” Seperti semua orang, dokter juga sering mengalami situasi dimana dia merasa semua itu tidak mungkin. Tugas Anda sebagai pasien adalah memastikan hal tersebut. Dokter Anda harus bisa memberikan sebuah penjelasan yang menerangkan hasil yang bisa didapat dari rangkaian tes yang akan dilakukan pada Anda. Bila rangkaian tes itu tidak terdengar logis bagi Anda, sebaiknya Anda beri tahu pendapat itu pada dokter Anda.
6. “Anda butuh second-opinion.”
Artinya : “Second-opinion biasanya akan mengubah diagnosa dan pengobatan.”
Tanggapan Anda : “Bila saya ke dokter spesialis lain, bisakan Anda memberitahu saya pengobatan jenis apa yang mungkin ditawarkan oleh dokter itu?” Dokter yang baik seharusnya bisa menawarkan alternatif pengobatan selain yang ia sarankan.
Salam.